Senin, 27 Oktober 2014

Apa Penyebab Wanita Sulit Hamil?

Di jaman sekarang ada aja yaa masalah yang bisa dialami wanita hingga sulit hamil ..
Selain faktor kesehatan juga pengaruh dari gaya hidup yang tidak sehat ..

Yup.. dalam tulisan ini penulis mau berbagi ringkasan dan sedikit sharing tentang gangguan kesuburan terutama pada wanita, supaya bisa dicegah atau diatasi sedini mungkin :)



Dari www.bidanku.com disebutkan beberapa kemungkinan penyebab umum gangguan kesuburan pada wanita diantaranya :

  1. Menopause dini | terjadi sebelum usia 40 tahun, bisa disebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan dalam tubuh seorang wanita
  2. Kerusakan Saluran Telur (Tuba) | bisa disebabkan karena peradangan saluran tuba, penyumbatan penyakit karena radang panggul, atau karena pasca operasi kehamilan ektopik
  3. PCOS (sindrom ovarium polikistik) | kondisi ketidakseimbangan hormonal pada wanita, terjadinya produksi hormon androgen berlebih yang menyebabkan ketidaksuburan dan gangguan ovulasi serta siklus menstruasi
  4. Endometriosis | kondisi dimana jaringan rahim tumbuh di bagian luar rahim
  5. Ovarium jaringan parut | kerusakan fisik pada ovarium, bisa disebabkan karena pembedahan akibat terjadinya kista ovarium
  6. Adhesi Pelvis | terjadinya hambatan saluran tuba, bisa disebabkan perubahan struktur saluran tuba pasca operasi panggul, usus buntu
  7. Masalah tiroid | adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif
  8. Pengobatan kanker | radioterapi bisa memberi efek radiasi yang menyebabkan penurunan kesuburan pada wanita
  9. Gaya hidup | gaya hidup tidak sehat (seperti merokok, banyak konsumsi makanan cepat saji) mempengaruhi kesuburan wanita. Kelebihan minuman beralkohol dan kafein juga dapat mengganggu kesehatan rahim (www.tipshamil.web.id)
  10. Usia | wanita dengan usia lebih dari 40 tahun memiliki jumlah sel telur yang kurang sehat dan lebih rendah, kondisi ini memberi peluang risiko keguguran lebih tinggi

Tambahan dari www.tipshamil.web.id , sulit hamil juga bisa disebabkan karena adanya masalah alergi pada sperma. Wanita yang memiliki masalah ini perlu diberikan suntikan zat tertentu untuk melawan hormon antisperma (dinamakan : paternal leukocyte immunization).

Dalam beberapa sumber yang pernah penulis dapatkan, ada beberapa kondisi lain di luar yang telah disebutkan di atas, yang bisa menyebabkan sulit hamil. Diantaranya :

  1. Berat badan tidak ideal
    • Terlalu gemuk
      Sel lemak yang terlalu banyak menyebabkan produksi hormon estrogen berlebih. Hal ini mengakibatkan ketidakteraturan ovulasi.
    • Terlalu kurus
      Kurangnya lemak bisa memperlambat produksi hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi, termasuk hormon estrogen.
  2. Konsumsi suplemen
    Terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin kurang baik untuk kesehatan kehamilan. Terlalu banyak suplemen vitamin A yang tersimpan dalam tubuh dapat menyebabkan cacat lahir, kelainan hati, dan gangguan lain.
  3. Olahraga terlalu berat
    Bagi wanita, olahraga terlalu keras menyebabkan hilangnya lemak tubuh yang dibutuhkan untuk membantu produksi estrogen yang memacu ovulasi.

    Olahraga terlalu berat bagi pria juga mengakibatkan kenaikan suhu internal testis yang menjadi penyebab sperma mati. Selain itu mempengaruhi bentuk sperma (menjadi abnormal) sebagai faktor utama infertilitas.
  4. Erosi Portio (Sariawan Mulut Rahim)
    penyebab wanita sulit hamil
    Sumber gambar : bloginfertilitas.wordpress.com

    Tidak hanya mulut yang bisa mengalami sariawan, ternyata mulut rahim (serviks) juga bisa mengalami luka atau peradangan. Erosi portio ini bisa disebabkan karena infeksi kuman atau virus, level estrogen berlebih, atau bisa juga infeksi kronis (seperti efek dari keputihan menahun).

    Jika wanita mengalami keputihan, sebaiknya tidak disepelekan dan segera konsultasikan ke dokter. Erosi portio ini perlu diatasi segera karena dalam level yang parah bisa berisiko menjadi kanker serviks.

    Erosi portio bisa menjadi penyebab sulit hamil karena mulut rahim yang mengalami peradangan mengeluarkan zat antibodi yang menolak sperma (yang dianggap sebagai benda asing) untuk masuk ke mulut rahim. Jika sperma saja tidak bisa menembus mulut rahim, kapan ketemu sel telurnya ya? :p

    But don't worry ya... Erosi portio bisa diatasi kok. Biasanya dokter memberikan obat antibiotik (akan tetapi pemberian antibiotik saja bisa menyebabkan erosi kambuh). Untuk meminimalisir risiko kambuh, dokter memberikan tindakan cauterisasi pada mulut rahim yang luka dan mengkonsumsi obat antibiotik setelahnya jika terdapat infeksi pada serviks. Cauterisasi itu dilakukan dengan cara "membakar" jaringan epitel yang mengalami peradangan agar tumbuh jaringan baru.

    Cauterisasi ini ada dua macam:

    (1) electrocauter : "pembakaran" daerah erosi dengan elektrik
    (2) cryotcautery : penghancuran sel-sel epitel menggunakan suhu ekstrim dingin yang dihasilkan oleh gas N2O

    Treatment selanjutnya setelah dilakukan cauterisasi dan mengkonsumsi antibiotik adalah puasa senggama selama beberapa minggu (sesuai arahan dokter). Puasa senggama dilakukan supaya luka pada mulut rahim yang sudah di-cauter pulih kembali dengan tumbuhnya jaringan baru. 
Sebagai tambahan, ada catatan-catatan kecil yang tampak remeh tapi bisa mempengaruhi kualitas sperma pada pria :

  • Jangan gunakan celana dalam yang ketat. Direkomendasikan memakai celana boxer berbahan katun.
  • Jangan mandi dengan air hangat/panas (berpengaruh pada peningkatan suhu internal testis)
Hal lain yang bisa berdampak pada keberhasilan kehamilan di luar masalah kesehatan adalah faktor teknik dalam berhubungan intim. Dukung dengan kondisi fisik sehat (bugar), pikiran rileks, senang, no stress! :)

Kita perlu menyadari begitu banyak dampak buruk stress yang tidak saja mempengaruhi keseimbangan hormon tetapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh.


Okay, BE HAPPY and HAVE OUR HEALTHY LIFESTYLE .... Sekian ringkasan dan sharingnya... Semoga bermanfaat! :)


*) Jika artikel ini berguna silakan SHARE ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar