Minggu, 26 April 2015

Bayi Baru Lahir Batuk Grok-Grok

Mommies, saya mau sharing pengalaman pertama yang sempet bikin agak cemas terkait keluhan bayi baru lahir...

Sekitar 2 mingguan yang lalu, baru umur belum genap 2 bulan babyku Aisyah tiba2 sesekali batuk kering dan suaranya melengking ("ngik" diujung batuk). Setelah hari ketiga semakin tambah frekuensi batuk nya saya jadi kepikiran dan agak cemas, sebab apa tiba2 Aisyah batuk begitu :(. Maklum baru pengalaman pertama dan sebelumnya belum sempet belajar2 tentang keluhan bayi...

Kebetulan hari ke 3 batuk itu pas hari minggu, sore harinya saya bawa Aisyah periksa ke RS JIH.. Untungnya hari minggu ada praktek dokter spesialis anak. Pas banget sore ada jadwal praktek dr. Lubaid. Meski kondisinya aisyah gak ada demam, ga ada rewel dan keluhan lain yang menyertai batuk, saya tetep bawa periksa buat memastikan Aisyah gak sakit berlanjut, kasian liat bayi batuk :(. Karna saya aja kalo batuk rasanya gak nyaman banget....

Hari itu, 19 Maret 2015 jam 16.30
.
.

Nggak lama kami tunggu antrian karena banyak yang dateng telat akhirnya Aisyah masuk duluan dan diperiksa sama dokter... Alhamdulillah dokter bilang Aisyah gak papa. Kemungkinan karena ada bakat alergi dingin (nurun saya beb...). Atau memang karena kondisi cuaca 3 hari waktu itu super duper dingin di tempat kami jadi Aisyah batuk karena kedinginan, saya nggak bedong Aisyah malam itu :( maap ya nak....

Akhirnya sama dokter, aisyah dikasih balsem bayi transpulmin dan vaporin 5 biji yang digunakan jika perlu untuk bau-bauan inhalasi pernafasan (misal pernafasan bunyi grok2) yang ditetes2in di bajunya atau pakai sapu tangan yang ditempel di sekitar dadanya supaya baunya terhirup. Dokter juga kasih resep obat mucera drop 0.2 ml yang bisa dibeli di apotek mana aja kalau nanti batuknya belum membaik setelah dikasih balsem dan inhalasi pernafasan..

Aisyah tidur pules :)

Aisyah selama 3 hari batuk kering kemudian setelah dijaga kehangatannya dan dikasih balsem plus vaporin, mulai hari ke-4 sampe hari ke-5 aisyah batuknya jadi grok2 lebih lega spt ada dahak/lendirnya. Kemudian mulai hari ke-6 sudah berangsur baik gak batuk2 lagi, paling sesekali saat minum ASI karena tersedak >_< (kalau lagi gak sabaran ngenyotnya). Akhirnya saya hanya jaga kehangatan buat Aisyah dan gak jadi perlu beli obat mucera nya...


Menurut artikel yang saya baca dari website IDAI (referensi dari dr. Piprim Yanuarso) ternyata batuk/bunyi nafas grok-grok gak berbahaya ya mommies...(tanpa keluhan lain yang menyertai misalnya demam tinggi, lemas, tidak mau minum dst). Hal itu terjadi karena adanya produksi lendir yang berlebih pada saluran napas bayi (terutama bagi bayi yang punya bakat alergi, faktor keturunan). Sementara itu bersihan mukosilier (bener gak ya nulisnya) pada bayi belum cukup terampil dalam menjalankan tugasnya (masih dalam proses perkembangan)..

Alhamdulillah... sekarang Aisyah dah baik lagi spt sebelumnya. Lebih lega karena semuanya baik2 aja, gak galau lagi....aamiin....^_^


FYI sekarang malah ada minyak esensial yang sudah diracik untuk melegakan pernafasan pada bayi, namanya HENATURE COUGH & COLD INFANT. Minyak ini diperuntukkan buat mengatasi batuk pilek, melegakan pernafasan dan menenangkan serta menghangatkan. Teksturnya ringan dan lembut juga gak lengket di kulit. Cukup dioleskan di telapak kaki, dada dan punggung. Ampuh banget buat menyamankan batuk atau grok-grok pada bayi, cepat membaik juga biasanya dalam waktu 1-3 hari. Untuk produknya bisa dibeli via shopee www.shopee.co.id/syauqina26

Yup, segini dulu sharingnya... sampai jumpa lagi next stories yaa :)

10 komentar:

  1. Assalamualaikum.

    Terimakasih atas artikelnya mba, Sangat membantu dan bermanfaat.

    Untuk Balsem Transpulmin dan Vaporin untuk bayi berusia 2 minggu yg mengeluarkan grok-grok bs digunakan mba ? Mohon infonya.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam... Maaf terlalu lama terlambat responnya... setau saya bisa mba... trims sudah kunjung blog.. :)

      Hapus
  2. Terima Kasih informasinya,. Saya belikan balsem sama vaporin juga untuk anak saya. Cuma belum saya bawa ke dokter. Terima Kasih.

    Salam, eko marwanto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bapak Eko atas kunjungan dan komentarnya ke blog ini. Semoga bermanfaat dan anaknya bertumbuh sehat :) Salam hormat saya, Annisa.

      Hapus
  3. Bayi saya juga lg batuk bunda.. Tp alhamdulilah tanpa di barengi demam dll nya. Mksh Info nya bunda.. Saya mau coba beli Salep BB transpulmin sama vaporin nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda salam kenal ya..terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar ^^. Semoga anaknya sehat dan tumbuh sehat

      Hapus
  4. Anak sy umur 35 hr nafas nya grok grok disertai kembung juga gmna ya bun solusi nya cemas nih tdur gk nyenyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda gimana kabar baby nya? Sudah teratasi dengan baik kan bund? Mohon maaf lama saya tidak cek komentar blog ini karena kesibukan pekerjaan jadi blog tertelantarkan.^^ Masalah batuk grok-grok bisa karna alergi dingin bun dan itu bisa berulang apalagi dengan kondisi cuaca di Indonesia saat ini. Saran saya baby nya bisa dirawat sendiri dengan dioles balsam bayi atau minyak pijat essential oil bayi untuk batuk di dada dan punggung (jika masih bisa menyusu dan tidur dengan baik), lalu jika dahaknya agak berat bisa dibantu dengan chest therapy supaya dahaknya bisa keluar dari paru-paru. Untuk ngobrol lebih banyak bisa WhatsApp saya ya bunda semoga bisa saling berbagi pengalaman merawat keluhan sakit/tumbuh kembang anak.

      Semoga masalah kembung tidak berlanjut karna jika itu berlanjut bisa jadi gangguan pencernaan pada bayi, yang sedikit banyak mempengaruhi pertumbuhan dan menyebabkan kolik pada bayi.


      Salam,
      Annisa
      WA. 081227564470

      Hapus
  5. Bayi saya usia 22 hari nafasnya bunyi grok2 dan udah 2 hari ini hidungnya mampet dan seperti ada ingus tapi ga banyak, saya udah beli vaporin smga manjur, untuk nafasnya tinggal mampetnya bun gimna ya?

    BalasHapus
  6. Utk mampet krn tdk bs keluar ingus dijemur bayi ny atau tetesi breathy kt dsa ku bun

    BalasHapus