Selasa, 14 April 2015

Akhirnya melahirkan di RS JIH Jogja (part 2)

Hari observasi kembali pun tiba, 25 Feb 2015
Sekitar jam 11 siang aku dibawa turun ke lantai 1 menuju ruang periksa USG dr. Enny. Rasanyaaa....dag dig dug gak karuaaan.... mengharap adanya penambahan air ketuban. Siang itu aku didampingi suamiku yang udah tiba di Jogja dari Bandarlampung dan udah nunggu aku dirawat sejak hari Senin sore...

Jreng jreeng....
USG.. cek kondisi janin....Alhamdulillah semuanya OK... Dan perkiraan BBJ 2,5 kg an.... ada kelegaan karena BBJ bisa bertambah. Tapii saat cek kondisi ketuban ternyata malah berkurang jadi 2 cm, lahaulaa.... rasanya campur aduk, bingung, antara siap gak siap buat caesar. Jujur ak takut operasi, yaa Rabb... :(

Seperti nya suamiku udah siap buat kemungkinan aku lahiran SC. Suami pun menguatkanku, OK gpp. Sudah takdir bayiku dilahirkan SC di RS JIH, bismillah. Dr. Enny juga bilang operasi akan dilakukan 2 jam setelah pemeriksaan siang itu, sekitar jam 13.00. Ya Rabb, cepet banget rasanya. Puasa 2 jam?!

Lalu aku balik ke kamar masih dalam keadaan diinfus. Infus baru mau dilepas sebelum operasi. Rabu siang itu suami ku langsung kabari ortu kalau aku akhirnya jadi mau SC. Bapak ibu pun langsung berangkat ke JIH setelah dapat kabar dari suamiku. Budheku juga ikut nemenin... hmm, blank saya :p

Sembari menanti detik2 operasi, aku cry cry juga..hehehe! Bukannya takut gimana, aku sedih banget, gak tau knapa, kepikiran kondisi janin di dalam kandungan. Berharap Allah menguatkan ku, calon anakku, dan mengijinkanku untuk bertemu bayiku sehat selamat.......

Gak taunya ada perawat datang kasih kabar kalau operasi ku kemungkinan ditunda esok pagi jam5. Dengan pertimbangan detak jantung janin masih bagus, gerakan baik, jadi bukan kondisi urgent... pikirku, mungkin ada hal lain yang lebih prioritas. Yah, at least aku jadi bisa persiapan mental dulu :p. Dan puasa dimulai jam10 mlm.



Kamis, 26 Feb 2015
Setelah semalaman cuma bisa tidur 2 jam, jam 3 pagi aku dah bangun. Dan persiapan sebelum operasi termasuk mandi. Rencana jam4 sudah beres dan siap turun ke lantai 2 (yup, ruang operasi ada di lantai 2).. Seger akhirnya bisa mandi dan keramas setelah 3 hari selama rawat inap cuma bisa mandi bebek! :p

Sekitar jam4.30 perawat udah jemput ke kamar, sebelum keluar kamar, infus dilepas dan aku disuntik untuk tes alergi obat di tangan kiri. Oh ya, gak lupa udah ganti baju operasi. Lalu tibalah waktuku dibawa turun ke ruang operasi dengan tetap tidur di bed. Pas masuk pintu ruang operasi rasanya deg deg syer...hehe. cuma alhamdulillah aku bisa tetap tenang, insyaAllah dah siap.

Sesaat sebelum akhirnya masuk ruang operasi, cium tangan dan minta restu suami dan ibu karena keluarga yang mau ikut menunggu (pakde, budhe, kakak sepupu) belum dateng termasuk bapak! Ah, kemana babe ini, seperti nya beliau sengaja dateng telat karna gak tega liat anaknya mau operasi. Maklum pengalaman pertama .. :p


Jam5 mulai masuk ruang operasi. Dimulai persiapan... ada perawat2 dan dokter anestesi perempuan.. oleh dokter anestesi aku disuntik di punggung untuk pembiusan lokal. Infonya akan terasa sakit sebentar sebelum setengah badan bawah mulai kesemutan dan hilang rasa. Alhamdulillah aku gak rasain sakit sedikit pun, sampai pasca operasi juga sehat fit gak ada rasa lemas, pusing, ataupun mual...

Selama proses operasi berlangsung aku cuma bisa diam dan dzikir. Pun gak berani liat kaca di atas badanku karna disana bisa liat proses pembedahan perut :p. Meski diatas dadaku dipasang sekat pembatas.. Selama operasi berlangsung aku cuma dengerin perawat dan dokter ngobrol dan bercanda. Aku juga berusaha santai, pasrah.. yang aku rasain badan seperti ketarik kanan kiri dan gak lama kemudian bayi terangkat dan aku denger suara perawat bilang "adeknya dah eek".. Aku saat itu gak kepikiran apapun, ku pikir gpp janin dah "eek" didalam kandungan.

Kecurigaan something happened baru kerasa waktu keluar ruang operasi, dengan senyum kelegaan aku melambai tangan ke keluarga yang udah menanti diluar. Aku lihat raut wajah tertahan, sedih.. di wajah suamiku. Ada apa?? Kemudian saat suamiku dah bisa menemuiku sebelum dibawa ke kamar camelia lagi, dia cerita kalau tadi dikasih tau dokter kalau ternyata bayi kami sudah menderita (distress) didalam kandungan, so bikin bayi udah keluarin feses pertamanya (mekonium) dalam kandungan dan terhirup dede bayi, yaa Rabb..... Astaghfirullah.... :'(

-------------
Penyebab bayi distress dan keluarin mekonium di dalam kandungan gak diketahui... apakah karena kekurangan air ketuban?? Atau sebab lain (lama dilahirkan sejak air ketuban tinggal sedikit)??wallahu'alam...

Sejak kapan mekonium udah dikeluarin janin juga gak tau karna selama USG sebelum operasi kondisi nya detak jantung baik (tidak lemah). Indikasi2 aspirasi mekonium gak ditemukan selama USG pra persalinan.

Apapun itu, dengan kondisi Aisyah yang baik Dan kuat aku anggap semua itu karena pertolongan Allah. Allahu Akbar....subhanallah walhamdulillah....
--------------

Rasaku..harap-harap sambil kuat berdoa semoga Aisyah baik-baik saja..... Allah...Engkau Sang Pemilik Kehidupan, selamatkan Aisyah..kuatkan dan sehatkan ia....


Jam 06.30
Aku udah kembali ke kamar. Saat itu aku belum merasakan sakit kontraksi pengecilan rahim... dan bener2 nangis ngerasain sakit kontraksi luarbiasa selama 3 jam sejak 2 jam pasca operasi. Sakit kontraksi hebat dimulai setelah perutku ditekan-tekan kenceng sama perawat *katanya buat cek pendarahan atau nggak :( *

Moment tak terlupakan dan bikin aku terharu adalah saat pertama kali aku melihat wajah Aisyah yang meski ditaruh di box bayi dengan kaca oksigen... Aku lihat Aisyah nangis kenceng, mulutnya menganga lebar :D

Aisyah Syauqina Ardini.
Lahir 26 Februari 2015. Jam 05.37.
Berat 2520 gram. Panjang 47 cm.
di Jogjakarta International Hospital
(photo taken by my sister Niya Niyo ;p)

Karena Aisyah lahir dalam kondisi sindrom aspirasi mekonium, dia harus dirawat intensif dan oleh dr. Elisa saat itu dikabarkan bayi kami perlu dirawat sekitar 7 s.d. 10 hari.

Perawatan intensif Aisyah selama beberapa hari
dengan cpap oksigen :'(

Aisyah tangguh dan kuat, I believe it....

Sementara aku cuma dirawat selama dua hari pasca operasi, alhamdulillah pemulihan cepat dan kondisiku sehat (kekuatan semangat untuk Aisyah ^^). Setelah lepas rawat inap, aku dan suami tetap stay di RS untuk menunggu Aisyah karena aku harus rutin pumping ASIP untuk dikasihin ke Aisyah setiap dua jam. Jadi aku dan suami memutuskan buat sewa bed sampe Aisyah pulang.

ASIP colostrum yang mulai lancar
sampai 100 ml sekali pumping sejak hari kedua pasca SC

Karena kondisi bayi gak memungkinkan untuk IMD akhirnya aku harus melewatkan proses IMD. Aku gak kepikiran buat kasih sufor juga. Dan sorenya pasca SC aku dikasih tau perawat kalau bayiku udah nangis terus minta ASI. Karena aku masih bed rest akhirnya Dr. Elisa saranin buat kasih ASI donor (kalau ada). Dan syukurnya kebetulan banget ada saudara dan temen yang belum lama lahiran, akhirnya aku menghubungi mereka buat ijin minta donor ASI buat Aisyah. Akhirnya hari pertama bisa kasih ASI buat Aisyah dari donor saudara ku (jazakillah ya mba Rita ^^), dan hari kedua dari donor temen ku (jazakillah bundanya Naura ^^). Hari kedua setelah mulai bisa jalan aku coba pumping ASI tapi masih tetes2 colostrum. Akhirnya nyerah n tanya ke perawat ttg jasa breast care.

Pas hari ketiga pasca SC aku baru breastcare dan ASI langsung deres hari itu.... sejak saat itu tiap hari setor ASIP ke baby room. Per hari paling gak bisa setor 3 botol penuh, alhamdulillah banget ^^.

Dan pada akhirnya, puji syukur alhamdulillah kondisi Aisyah semakin baik dari hari ke hari, hingga bisa lepas infus dan selang oksigen di hari ke-7. Jadi pas hari ke-7 bertepatan dengan hari aqiqah nya, kami bisa membawa pulang Aisyah. Tanggal 4 Maret 2015, kami resmi pulang dari RS. Setelah rontgen ulang dan tes darah alhamdulillah kondisi Aisyah udah baik. Cek bilirubin nya juga bagus angkanya 2,7 (bismillah nggak kena jaundice). Aisyah juga udah pinter ngenyot ASI langsung dariku setelah lepas selang, minumnya kuat..

Alhamdulillah...terimakasih yaa Rabb....


Aisyah Syauqina Ardini....,
engkau menjadi kekuatan bunda...
engkau menjadi penyemangat bunda,
untuk tetap tegar dan senang...
agar bisa merawatmu, memberikan ASI terbaik untukmu :)

Terimakasih Yaa Allah,
Ahamdulillah wa syukurilah...
Terimakasih atas segala kesempatan dan ridho-Mu...
Untuk kami dapat merawat dan membesarkan Aisyah,
menjadi penyejuk hati dan mutiara hati kami...


Keep smile & sehat terus yaa Aisy.... ^_^

Aisyah bobo cantik ^^

Note : selama dirawat di baby room RS JIH,
Aisyah selalu bobo cantik dan ga rewel,
meski di sekelilingnya banyak bayi baru lahir nangis kenceng,
Aisyah gak terganggu dan tetep tenang... dan bangun saat minum ASIP :)

Salam kenal bunda... :)

THANK YOU ...
Kepada segenap perawat dan dokter yang menangani Aisyah selama lahir hingga dirawat di Jogjakarta International Hospital, perawatnya baik-baik... pelayanan staf administrasi di JIH juga ramah, baik, helpful... :)

Kepada seluruh keluarga besar kami, atas doa dan supportnya <3

Kepada teman-teman ayah Aisyah di KPP Pratama Metro atas doa dan perhatiannya <3

Kepada teman-teman bunda Aisyah dimanapun berada, atas doa dan perhatiannya... <3


Tak lupa kami ingin sampaikan terimakasih atas bantuan dokter kandungan di Lampung dan Jogja sejak program kehamilan hingga persalinan anak pertama kami,

1. dr. Ubad M, SpOG (Apotek Libra, Pringsewu Lampung)

2. dr. Shofwal Widad, SpOG & dr. Zein Alkaff, SpOG & dr. M. Luthfi Alkaff, SpOG (Klinik Permata Hati RSUP Dr. Sardjito)

3. dr. Ratna Dewi P, SpOG (Apotek Rosa, Bandarlampung)

4. dr. R. Detty Nurdiati, SpOG, PhD.(Poli Materna RSUP Dr. Sardjito)

5. dr. Enny S. Pamudji, SpOG (RS JIH)



9 komentar:

  1. Terenyuh sambil mewek jeung bacanya...
    jd keinget pas mau operasi dulu (tp bkn sc)
    sedikit share aj, sp tau ada masukan dr mbk...
    akhir 2011 dpt musibah kecelakaan tunggal yg menyebabkan patah tulang kemaluan/fraktur pubis..dan rujuk sardjito kmd op pasang implan...
    awal 2013 sy op lepas implan, dan awal 2014 sy nikah...
    alkhamdulillah akhir 2014 sy positif hamil, sekarang uk 25W.
    saat ini msh berdomisili di Denpasar Bali (maklum usaha jd istri solihah ngikutin dmn suami ditugasin, ehhehe), rencana bln dpan mau pulang ke Jogja (planya lahiran di Jogja, yg deket ortu dan saudara2).
    sejak tau hamil, langsung konsul ke dokter orthopedi yg nangani dulu mengenai proses lahiranya, dan disaran unt mencari aman SC.
    kmd pas kontrol di dokter SpOG Denpasar awal2nya cm bilang dilihat kondisi janinya pas uk 9bln gt...tp setelah bbrp kali kontrol dan sy ceritain klu sy ada riwayat fraktur pubis langsung deh disaranin SC jg.
    (insyaAllah udh siaap dan pasraah jk emng hrd sc)
    tapi sy msh galau bingung, besok pas udh dijogjanya mau kontrol ke sardjito atau sadewa...
    pilihnya itu...
    ada saran apa gt kah mbk ??? :)
    ohya lupaaa, perkenalkan sy Nuri ;)
    (eghhhh jd curhat, maaf yaaa :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Nuri salam kenal ya :). Makasih udah mampir ke blog saya... ngomong2 sama ya kita mb, sama2 hamil di perantauan karna hidup ikut tugas suami hehe..

      To the point ya... dulu riwayat kecelakaan mba Nuri operasi di sardjito kan ya.., menurut saya nanti kontrol sampai persalinan ke sardjito aja mba...peralatan lengkap, dokter senior ada, bagus juga... kemarin sebelum lahiran saya kontrol di sardjito juga sama dr. Detty. Recommended... saudara n teman saya banyak yang rekomendasi beliau juga...

      Kalau untuk kontrol rutin dr.detty siti nurdiati praktek nya di poli materna sardjito tiap selasa & jumat (janjian dulu sama dr detty by sms/WA ke kontak pribadi beliau), sama happyland (tiap hari kalo ga salah). Kan kalo dah jelas Mau lahiran SC bisa nentuin mau operasi tanggal berapa n bisa langsung sama dokternya mba, lebih jelas :). Kalau mau nanya2 ke poli materna bisa telpon juga ke 0274 587333 ext 683. Moga infonya bisa membantu.... semoga sehat lancar sampai persalinan nanti ya mba Nuri...^^

      Regards,
      Bunda Aisyah (Annisa)

      Hapus
  2. Iya mbk, makasi yaaa ats info2 dan saran2nya...
    klu boleh aq mau dong WA/bbm..
    mau tanya2 lbh lanjuut nii sm mbk yg udh pengalaman hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mba Nuri sama2...
      Boleh.., kirim no WA mba Nuri ke email saya annis.akuntan@gmail.com :)

      Hapus
    2. Mbak annisa,apakah di JIH tidak diizinkan suami mendampingi proses operasi?krn saya pengen kelak didampingi suami.trm ksh

      Hapus
    3. Hanya dengan dr nurhadi sepertinya suami boleh mendampingi (kalau dulu begitu, kurang tau sekarang masih boleh enggak). Kalau dokter lain gak boleh bun :)

      Hapus

  3. Perlengkapan bayi


    Sangat baik !!
    Oh ya, untuk bahan refrensi bunda semua yang ingin melihat produk branded, harga miring dan kualitas bagus dapat juga mengunjungi web kami


    Birds n Bees Online


    www.birdsnbeesbaby.com


    Keep sharing informasi baik :)
    ig: birdsnbeesbaby

    BalasHapus
  4. bunda kalau boleh tau bunda mulai daftar di JIH H- berapa HPL bunda? Mengingat kemungkinan aku juga akan melahirkan di JIH, tapi selama ini sampai kandungan 4 bulan ini selalu periksa obgyn di Jakarta karena domisili di Jakarta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk daftar persalinan bisa jadi member setau saya, beberapa bulan sebelum HPLnya bisa. Bunda hubungi admisi saja :)

      Hapus