Rabu, 06 Mei 2015

Pengalaman Pakai Clodi

Akhirnya bisa nulis lagi... ^^
aku mau coba sharing pengalaman pakai clodi buat baby Aisyah :)
Awal aku pakein Aisyah clodi udah memasuki umur 2 bulan. Sempet nyesel juga kenapa gak sejak awal bulan pertama.. Tapi setelah dipikir lagi, ternyata keputusan pakai clodi di bulan kedua udah tepat,hehe.. Why?? Karena, satu bulan pertama Aisyah masih sering poop, tiap harinya bisa 10 kali. Waah, rempong kan karna ga cukup clodi 1 lusin :D

Nah, pas bulan kedua, Aisyah udah jarang pupnya.. Sehari rutin sekali. Kadang 2x sehari meski jarang bgt, dan kadang 2 hari sekali :)


By the way, aku pakein clodi merk pempem jenis velcro (rekatan) dan snap (kancing).
Kayak gini nih...



Pempem Velcro

Awalnya aku beli 6 pcs yang velcro, dah dapet 1 insert litty (dengan bahan kombinasi bamboo & katun). Ngebaca review produknya seperti nya oke, daya serap bagus, dan covernya mengandung bahan PUL (biar pee ga tembus). Makanya aku langsung coba beli 6 pcs. Untuk ukurannya bisa disesuaikan, pas dipake untuk bayi berat mulai 3.5kg s.d. 12kg (ya sekitar umur bayi 2th).

Sebelum dipake harus dicuci dulu (prewash) minimal 2 kali. Setelah 2 hari pertama pakein Aisyah full clodi dan so far nyaman dan puas, ganti tiap 3 jam, akhirnya aku beli lagi 6 pcs pempem snap.

Overall, aku ngrasa pake clodi nyaman dan syukur nya Aisyah belum pernah iritasi. Penggunaan udah sebulan berjalan.. Oya, kalau pas insert belum kering tapi cover udah kering, aku pakein alas ompol (macem merk baby oz/renata) yang dilipet jadi insert.

Menurutku clodi pempem ini daya serapnya oke lah ya...lumayan. Inner fleece halus di kulit bayi. Insert litty gak bikin kulit kering. Dan covernya yang berbahan PUL gak bikin bocor/rembes. Motifnya lucu2 juga plus warna cover soft, warna pastel.. I like it! ;)

Aku nyuci clodi Aisyah tiap pagi. Jadi clodi kotor tiap hari aku kumpulin dalam ember direndem air gitu ya.. Khusus yang kotor kena poop dibersihin dulu poopnya, diguyur air & dikucek, baru direndem di ember bareng clodi yang lain..

Untuk pencucian clodinya aku barengin cuci kain2 n pakaian Aisyah pake mesin cuci, settingan low. Kalo ga dikeringin pake mesin cuci lama kering insertnya apalagi kalo seharian kurang panas. Sabun cuci nya aku pake deterjen cair Sleek atau Rinso molto yang warna pink (pernah baca kalo kulit bayi iritasi pake clodi bisa jadi salah satu penyebab nya kesalahan pencucian saat pake deterjen bubuk, kurang bersih pembilasannya).

Sekian sharingnyaa.... Bunda minat pake in clodi buat buah hati?? :)

Note# Cara Perawatan Clodi
1. Clodi dilarang dicuci dengan disikat, cukup dikucek untuk bersihin sisa poop setelah diguyur air.
2. Clodi dilarang disetrika
3. Clodi dilarang dicuci dengan deterjen yang mengandung pemutih dan pewangi (bisa merusak daya serap katanya..)

Baby Aisyah tidur pake clodi :)
Kekurangan Clodi Pempem:
*ini faktor bahan atau penggunaan saya kurang paham ya, karena sering dipakai cuci (kering-pakai-cuci) beberapa inner clodi terutama yang velcro sudah pada brudul so jadi gak halus lagi permukaannya...meski tidak disikat saat pencucian (pencucian menggunakan mesin dengan setting low)

Di usia baby Aisyah mau genap 3 bulan, bunda mencoba beli clodi baru merk Sobi Minky dapet free 2 insert microfiber. Ternyataa...clodi Sobi Minky itu dengan inner suede (bahannya halus lembut dan adem), dan outernya bahan Minky halus lembut kayak beludru. Buat saya sih lebih oke secara tampilan yaaa.. Elegant....hehehe... Moga lebih awet daripada yang pempem... dicobaa dulu moga nyaman.... :)


Gimana pengalaman bunda pakai clodi untuk buah hati?? Sharing dong pengalaman nya pakai clodi merk lain... ;))

5 komentar:

  1. Belinya dmn ???
    harganya brp ??? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake clodi sobi minky aja elegan bahannya bagus adem kayak bludru luarannya.. Harganya 95rb jeng tiap clodi dapet 2 insert microfiber. Minat bisa pesan ke saya hahaha (serius mo dikirim ke jl magelang boleh via pos). Bisa pesan via WA buat liat motif2nya :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Hai mbak. Sebulan pertama, anakku pake Cluebebe coveria petite dgn insert alas ompol Baby OZ + liner. Berikutnya, AO BabyOZ dipensiunkan, ganti insert dengan litty-nya Pempem (aku beli insertnya doank, clodi Pempem nya cm punya 1). Ditambah dgn pocket clodi-nya Ecobum (yg PUL & minky). Insert microfiber dan hemp. Total anakku punya 10 Cluebebe coveria petit dan 10 Ecobum. Ganti tiap 2 jam sekali, insert dan cover lgsg masuk ember cucian krn semua basahhhh.... Anakku heavywetter , hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah trims comment reviewnya...meski aku telat bacanya :)). Wah kalo gitu lebih cepet basahnya yaa bund :D. Tapi gapapa malah lebih sehat gitu sering ganti...kalo anakku dulu gak heavywetter siy... pempemnya pun rasanya stay dry gitu meski tiap ganti ya tetep ak ganti cover n insertnya... :D

      Hapus